Blog yang membahas kesehatan, kecantikan dan cara penggunaannya dari sebuah produk yang dipasarkan di masyarakat

pemberian obat melalui parental, suntikan intra vena, sub cutan, intra cutan, intra muscular, infus dan transfusi darah

cara memberikan obat ke dalam tubuh manusia, yang terdiri dari:
1. parental, memberikan obat melalui mulut atau diminum berupa sirup, tablet dan kapsul. dan melalui hidung, telinga, serta anus.
2. suntikan, melalui suntikan terbagi dalam 4 bagian yaitu:
a. intra cutan adalah memberikan obat melalui suntikan kedalam jaringan kulit yang dilakukan pada lengan bawah bagian dalam atau tempat lain yang dianggap perlu.
b. sub cutan adalah memberikan obat melalui suntikan dibawah kulit yang dilakukan pada lengan atas sebelah luar, pada bagian luar daerah dada dan ditempat lain yang dianggap perlu ( misalnya pemberian insuli pada penderita diabetes)
c. intramuskuler adalah memebrikan obat melalui suntikan kedalam jaringan otot. dilakukan pada otot pangkal lengan, otot paha bagian luar, (yaitu 1/3 tengah paha sebelah luar), atau pada otot bokong (1/3 bagian dari spina iliaca anterior superior atau s.i.a.s)
d. intravena adalah memberikan obat melalui suntikan ke dalam pembuluh darah vena yang dilakukan pada vena anggota gerak.
3. infus yaitu memasukan cairan atau obat langsung kedalam pembuluh darah vena dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama, dengan menggunakan infus set.
4.transfusi darah yaitu memindahkan atau memasukan darah yang berasal dari donor ke dalam tubuh pasien melalui vena.



0 komentar:

Posting Komentar

pemberian obat melalui parental, suntikan intra vena, sub cutan, intra cutan, intra muscular, infus dan transfusi darah